“SEJARAH MADRASAH”
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Irsyadul Anam merupakan sekolah yang setingkat dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang di dirikan oleh lembaga Yayasan Pondok Pesantren Irsyadul Anam Kiyudan. Lokasi MTs Irsyadul Anam berada di perbatasan antara kecamatan kalasan dengan kecamatan ngemplak, tepatnya berada di pertengahan desa dengan alamat dusun Kiyudan, Kelurahan Selomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Cikal bakal MTs Irsyadul Anam yaitu segenap dzuriyah pondok pesantren irsyadul anam pada tahun 2016 dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Irsyadul Anam.
Latar belakang didirikannya adalah untuk meningkatkan santri yang berada di lingkungn pondok pesantren berdasarkan perkembangan pendidikan yang berada di sekitar masyarakat dusun kiyudan. Yayasan Pondok Pesantren Irsyadul Anam didirikan oleh beberapa penasehat yang terdiri dari segenap dzuriyah pondok pesantren yaitu K.H. Tammim Barmawi, K.H. Ichsanudin Barmawi, K. Nurudin Barmawi, dan K.Fachrudin Barmawi. Sedangkan ketua Yayasan yaitu Bapak Wiratno,S.E.MM. dari hasil musyawarah antara dewan penasehat dengan ketua Yayasan terbentuklah sebuah lembaga formal setingkat SMP yaitu Madrasah Tsanawiyah Irsyadul Anam.

Pada tahun awal berdirinya MTs Irsyadul Anam tahun pertama pada waktu itu terdapat 6 siswa dan satu rombongan belajar. Seiring berjalannya waktu pada tahun 2017 membuka pendaftran siswa baru dengan membuka satu kelas dengan kapasitas 32 siswa perkelasnya, sampai dengan penutupan penerimaan siswa baru tahun 2017 siswa yang terdaftar terdapat 31 siswa. Pada akhirnya tahun 2017 surat ijin operasional dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan izin dengan nomor izin operasional 322.H Tahun 2017 tertanggal 07 juni 2017. MTs Irsyadul Anam dalam visi dan misi madrasah berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas pembelajaran dan sarana prasarana madrasah guna untuk meningkatkan mutu madrasah dalam bersaing di jenjang madrasah tsanawiyah. MTs Irsyadul Anam merupakan bagian dari Yayasan Pondok Pesantren Irsyadul Anam maka sistem pembelajaran berpaduan dengan muatan lokal Pondok Pesantren seperti halnya adanyan pembelajaran grametika bahasa arab dengan istilah pembelajaran Nahwu Jrumiyah dan Fiqih diniyah dengan mengunakan kitab safinatun najah. Program ungulan yang diterapkan oleh MTs Irsyadul Anam menfokuskan terhadap pembelajaran Tahfidz dan Grametika Bahasa Arab Nahwu Shorof
.